Senin, 10 Januari 2011

The Hidden Village of Sand




The Hidden Vilage of Sand (Sunagakure) atau Desa Pasir adalah sebuah desa yang merupakan pusat perlindungan dari Negara Angin. Dengan kata lain, Desa Pasir berada di dalam Negara Angin dan Desa Pasir adalah Desa yang terkuat yang ada di Negara Angin. Oleh karena itu, Desa Pasir berhak melindungi Negara Angin sepenuhnya dan Desa Pasir dikatakan sebagai Pusat Perlindungan Negara Angin. Sama seperti Desa Daun atau lebih dikenal Konohagakure yang merupakan Pusat Perlindungan Negara Api. Simbol dari Desa pasir adalah Jam Pasir.


Gambar: Simbol Sunagakure.

Pemimpin Desa

Jika orang yang memimpin Konoha adalah Hokage, beda halnya dengan Desa Pasir. Sunagakure dipimpin oleh Kazekage atau Bayangan Angin. Jika pakaian resmi Hokage berwarna merah, pakaian resmi kazekage berwarna biru. Sampai saat ini, ada 5 generasi Kazekage. Shodaime dan Nindaime (Yang Pertama dan Yang Kedua dalam Bahasa Jepang) tidak pernah diketahui. Sandaime (Yang Ketiga) merupakan Kazekage terkuat dalam sejarah Desa Pasir.

Sandaime Kazekage adalah orang satu-satunya yang dapat menguasai pengendalian The Iron Sand atau Pasir besi. Pasir ini merupakan serbuk-serbuk besi yang kecil. Hingga kemudian, Sandaime hilang entah kemana. Semua orang sibuk mencari Sandaime yang menghilang tanpa jejak. Tapi jasad Sandaime tetap tidak diketemukan. Hingga 20 tahun kemudian, saat Chiyo, penasehat Desa Pasir dan Sakura bertarung dengan Sasori, salah satu Anggota Akatsuki yang dijuluki The Red Sand yang berasal dari Desa Pasir yang merupakan cucu dari Nenek Chiyo sendiri, diketahui bahwa orang yang menculik Sandaime Kazekage adalah Sasori, The Red Sand. Sasori menjadikan Sandaime Kazekage sebagai koleksi boneka manusianya. Kekuatan Sandaime Kazekage (Kazekage ke tiga) digunakan Sasori untuk melawan neneknya, Chiyo dan Sakura.


Gambar: Patung Kazekage ke tiga


Gambar: Kazekage ketiga yang diubah sasori menjadi boneka.

Kazekage keempat atau Yondaime Kazekage diketahui sebagai Ayah dari Garaa si Gurun Pasir (Sabaku no Gaara). Yondaime mati dibunuh oleh Orochimaru karena bujukan dari Kabuto yang merupakan seorang mata-mata dari Sasori.


Gambar: Kazekage ke empat

Godaime Kazekage adalah Sabaku no Gaara, anak dari Yondaime Kazekage. Gaara adalah seorang jinchuuriki Ichibi (ekor satu). Gaara adalah pengendali pasir. Ia sebenarnya telah mati karena Ichibi di dalam tubuhnya diambil Akatsuki yang akhirnya Nenek Chiyo yang menukarkan nyawanya dengan nyawa Gaara yang telah mati. Sehingga Godaime Kazekage masih hidup dan nenek Chiyo meninggal. Godaime masih menjabat sampai sekarang.


Gambar: Kazekage ke lima

Keadaan Desa Pasir

Sesuai dengan namanya, bangunan di Desa Pasir terbuat dari Pasir yang dikeraskan. Desa Pasir dikelilingi pegunungan-pengunungan yang begitu tinggi. Gerbang utama untuk memasuki Desa Pasir hanya ada satu. Gerbang ini teradapat diantara 2 pegunungan yang melingkari Desa Pasir. Pegunungan ini adalah pegunungan pasir yang tidak ada satu pun pohon. Pegunungan ini dibuat bertingkat sebagai tempat penjagaan Desa. Sehingga gunung ini tidak berbentuk kerucut tapi berbentuk persegi. Perumahan di Desa Pasir amatlah teratur. Batas antara sekelompok rumah dan sekelompok rumah lain membentuk jalur-jalur yang berpusat pada Kantor alias Tempat dimana Kazekage berada. Di Desa Pasir juga terdapat rumah sakit. Di Desa inijuga ada tempat penangkaran burung untuk menyampaikan pesan jika ada pesan darurat. Takamaru adalah burung penyampai pesan tercepat yang dimiliki Desa Pasir. Desa Pasir juga memiliki tempat pengembangan tanaman obat-obatan. Tempat ini merupakan tempat satu-satunya yang tidak terbuat dari pasir. Tempat ini terbuat dari kaca. Karena tumbuh-tumbuhan membutuhkan cahaya matahari.

Kehidupan

Shinobi di Desa Pasir memiliki ciri-ciri khusus. Jika melihat masyarakat Desa Pasir, pasti ada yang berbeda dengan masyarakat Desa lain. Masyarakat Desa Pasir dapat dibilang masyarakat yang baik dan ramah. Terbukti saat Desa Pasir menjelaskan kejadian saat di Chuunin Exam dan mengajak Desa Konoha bekerja sama. Tapi sayangnya tidak banyak masyarakat Sunagakure yang menjadi Shinobi. Akatsuki dari desa ini adalah sasori.


Gambar: Sasori

Politik

Desa Pasir memiliki penasehat sama seperti Desa Konoha. Penasehat Desa Pasir adalah Chiyo-baasama dan Ebizou-jiisama. Kazekage memiliki mengadakan semacam rapat penting di kantor atau tempat kedudukannya. Jika rapat ini dilakukan, maka petinggi Desa Pasir serta Jounin dan Chuunin terpilih juga diikut sertakan. Sekutu dari Sunagakure adalah Konoha.


Gambar: Chiyo, salah seorang penasehat Sunagakure.


Gambar: Ebizou, salah seorang penasehat Suna.

Satu hal lagi yang membedakan Desa Pasir dan Desa Konoha adalah penghormatan sang pemimpin. Jika Konoha membuat wajah Hokage sebagai ukiran di gunung yang ada di Konoha, sedangkan Desa Pasir membuat patung Kazekage dengan memakai pakaian yang sama yang diletakkan di ruangan Kazekage yang dianggap ruangan suci. Sampai saat ini, empat patung Kazekage ada disana, mulai dari Shodaime sampai ke Yondaime.

Kemampuan ninja Desa Pasir dapat dibilang menakjubkan. Ada yang dapat mengendalikan pasir, contohnya Gaara. Ada yang menggunakan Ninpou (seni ninja) berupa puppet (boneka) yang sering disebut Kugutsu no Jutsu atau Puppet Technique. Pengendali kugutsu no jutsu yang terkenal adalah Kankurou dan sasori. Karena Desa Pasir berada di Negara Angin, jadi banyak shinobi Desa Pasir yang dapat mengendalikan Fuuton atau Elemen Angin. Tapi, sampai saat ini hanya ada satu yang diketahui dapat menguasai Fuuton, yaitu Temari.


Gambar: Kankurou, pengendali kugutsu no jutsu


Gambar: Temari, pengendali elemen Angin

Hal yang sangat membuat semua orang kesal adalah pengendalian angin dan boneka tidak ditunjukkan sama sekali saat Desa Pasir melawan Deidara. Hanya ada summoning technique berupa alat pemanah saja. Mengapa Desa Pasir tidak melawan Deidara dengan sepenuhnya? Adakah ninja lain yang hebat selain Gaara, Temari, dan Kankurou di Desa Pasir? Pertanyaan yang harus di jawab petinggi-petinggi Desa Pasir!


Gambar: Tiga Generasi Sunagakure.

0 komentar: